TUGAS MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN
KREATIF UNDIP
DISTRO (KUD)
Disusun untuk melengkapi tugas
Mata kuliah kewirausahaan
Oleh :
Nama : Achmad Kadri
NIM :
23010114120040
Kelas :
PETERNAKAN-A
program studi :
S1- Peternakan
FAKULTAS
PETERNAKAN DAN PERTANIAN
UNIVERSITAS
DIPONEGORO
2015
DAFTAR
ISI
Halaman
HALAMAN
JUDUL...................................................................................... i
DAFTAR
ISI................................................................................................. ii
ABSTRAK................................................................................................... iii
BAB
I. Pendahuluan................................................................................... 1
BAB II. Gamabaran
Umum Rencana Usaha............................................... 2
BAB III.
Materi dan Metode Pelaksanaan.................................................... 3
BAB IV.
Biaya dan Jadwal Kegiatan.............................................................. 4
BAB V.
Penutup......................................................................................... 5
DAFTAR
PUSTAKA...................................................................................... 6
Lampiran-lampiran..................................................................................... 7
ABSTRAK
Kecintaan
setiap mahasiswa UNDIP pada khususnya dan para calon mahasiswa yang ingin
mendaftar di UNDIP setiap tahunya tidak pernah kekuranagn calon mahasiswa baru
untuk menjadikan suatu identitas sebagai mahssiswa UNDIP maka salah satunya
adalah memliki suatu almameter yang dipakai maka dari itu dibentuklah
Kreatifitas Undip Distro yang merupakan kewirausahaan bergerak di bidang
fashion (kaos,jaket, switer, dll), dan sovenir (gantungan kunci, tas, sepatu,
plakat, stiker,dll). Kewirausahaan Distro Undip ini dibilang menjanjikan karena
dalam setiap tahunya setiap angkatan di berbagai jurusan selalu membutuhkan
suatu barang yang menjadikan identitas dari setiap fakultas, jurusan, angkatan
maupun Universitas. Yang menjadi kendala ialah kurangnya dana untuk meakukan
kewirausahaan ini, begitu juga diperlukan sosialisasi terhadap pemasaran produk
dari Distro Undip ini. Sehingga diperlukan Tim dalam kewirausaahan ini agar memiliki
mitra yang dapat dijadikan sebagai rekan usaha serta mitra dalam bertukar ide
dan gagasan dalam meningkatkan kreatifitas dari produk Distro tersebut.
Kewiarusahaan Distro Undip ini bergerak dalam bidang usaha yang membutuhkan
kreatifitas, pengembangan, ketekunan, kejujuran, dan ketaqwaan. ada yang perlu
diperhatiakan dalam pemasaran produk Kreatifitas Undip Distro yaitu masalah
harga yang harus diperhatikan, karena harga harus menyesuaiakan dengan kantong
para mahsiswa pada umumnya, sehingga keuntungan sedikit tetapi berjalan terus
darpada keuntungan banyak tetapi tidak dapat bertahan lama dalam perananya.
Dalam melaksanakan kewirauasahaan ini dilakukan suatu sosialisasi terhadap
produk yang dipasarkan agar calon konsumen mengetahui produk yang ditawarkan,
Ketika dalam pemasaran mengalami penurunan penjualan produk maka diperlukan
suatu inovasi dalam produk, baik memperbiki kualitas dari produk maupun
pemasaran harga yang harus di perbaiki. Sehingga dalam keeksistensi dari produk
Kreatifitas Undip Distro selalu ada di tengah mahasiswa UNDIP. Preses persiapan
melakukan kewirausahaan Kreatifitas Undip Distro diperlukan waktu satu bulan
untuk mencari mitra dalam usaha setelah itu mulailah memaarkan produk dari
Kreatifitas Undip Distro.
BAB I
PENDAHULUAN
Kecintaan
setiap mahasiswa UNDIP pada khususnya dan para calon mahasiswa yang ingin
mendaftar di UNDIP setiap tahunya tidak pernah kekuranagn calon mahasiswa baru.
Seperti yang dikutip dalam pendaftaran melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, maupun
UMPTN, Tidak kurang dari seribu mahasiswa baru masuk di UNDIP, seiring dengan
penerimaan calon mahsiswa baru, UNDIP juga memberikan gelar kepada mahasiswa
yang telah menempuh perkuliahanya. Namun antara masuknya mahsiswa baru dengan
mahasiswa yang di wisuda lebih banyak yang masuk menjadi mahasiswa hal ini
membuat kampus UNDIP semakin banyak di huni oleh mahasiswa, sehingga dengan
banyaknya mahsiswa yang tinggal di sekitar kampus UNDIP memberikan peluang
bisnis kewirausahaan. Salah satunya adalah Kreatifitas Undip Distro.
Kreatifitas Undip Distro merupakan kewirausahaan yang bergerak di bidang
fashion (kaos,jaket, switer, dll), dan sovenir (gantungan kunci, tas, sepatu,
plakat, stiker,dll).
Kewirausahaan
Distro Undip ini dibilang menjanjikan karena dalam setiap tahunya setiap
angkatan di berbagai jurusan selalu membutuhkan suatu barang yang menjadikan
identitas dari setiap fakultas, jurusan, angkatan maupun Universitas yang
biasanya mereka selalu membuat jaket angkatan, jaket komunitas, jaket universitas,
kaos olahraga, dll. begitu juga ketika selepas semester ganjil banyak dari
mahasiswa undip membutukan plakat, gantunagn kunci, ataupun stiker yang
dijadikan sebagai kenang-kenangan dari UNDIP.
Masalah
yang saat ini menjadi kendala adalah kurangnya dana untuk meakukan
kewirausahaan ini, begitu juga diperlukan sosialisasi terhadap pemasaran produk
dari Distro Undip ini. Sehingga diperlukan tim dalam kewirausaahan ini agar
memiliki mitra yang dapat dijadikan sebagai rekan usaha serta mitra dalam
bertukar ide dan gagasan dalam meningkatkan kreatifitas dari produk distro
tersebut.
BAB II
GAMABARAN UMUM RENCANA USAHA
Kewiarusahaan Distro Undip ini
bergerak dalam bidang usaha yang membutuhkan kreatifitas, pengembangan,
ketekunan, kejujuran, dan ketaqwaan. Yang paling ditonjolkan ialah dibutuhkanya
suatu kreatifitas dalam mendisain sutau produk sehingga calon konsumen dari
produk Kreatifitas Undip Distro mampu menyesuaikan zaman dan selalu mengikuti
trend yang sedang gencar di wilayah sekitar UNDIP. Setelah suatu kreatifitas
telah dipenuhi maka diperlukanya suatu tempat ataupun lokasi yang dijadikan
sebagai lokasi pemasaran dari produk Kreatifitas Undip Distro. Lokasi tersebut
harus memliki potensi yang mudah dijangkau dari setiap mahsiswa serta dengan
mudah dalam hal sosialisasi produk yang akan di pasarkan, sehingga dalam
kegiatan kewirausaahan ini akan tetap berjalan secara eksis, dengan tindakan
yang telah dijelaskan diatas ada yang perlu diperhatiakn dalam pemasaran produk
Kreatifitas Undip Distro yaitu masalah harga yang harus diperhatikan, karena
harga harus menyesuaiakan dengan kantong para mahsiswa pada umumnya, sehingga
keuntungan sedikit tetapi berjalan terus darpada keuntungan banyak tetapi tidak
dapat bertahan lama dalam perananya.
BAB III
METODE PELAKSANAAN
Dalam
melaksanakan kewirauasahaan ini dilakukan suatu sosialisasi terhadap produk
yang dipasarkan agar calon konsumen mengetahui produk yang ditawarkan, setelah
calon konsumen telah mengetahui dari produk Distro Undip mereka akan melakukan
suatu transaksi. Dalam pemasaran produk Distro Undip harus melakukan permainan
dagang yang dapat menjadikan para konsumen tertarik untuk menggunakan produk
yang telah ditawakan.
Ketika dalam pemasaran mengalami
penurunan penjualan produk maka diperlukan suatu inovasi dalam produk, baik
memperbiki kualitas dari produk maupun pemasaran harga yang harus di perbaiki.
Sehingga dalam keeksistensi dari produk Kreatifitas Undip Distro selalu ada di
tengah mahasiswa UNDIP.
BAB IV
BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN
4.1 Anggaran Biaya
NO
|
JENIS
PENGELUARAN
|
BIAYA (Rp)
|
1.
|
Peralatan
penunjang : a. Gantungan baju
b.
patung 2 buah
c.
alat tulis
d.
sewa tempat 1 tahun
e.
printer
f.
upah penjahit
g.
lemari kaca
|
500.000
500.000
100.000
5.000.000
500.000
1.000.000
1.000.000
|
2.
|
Bahan habis
pakai
|
2.000.000
|
3.
|
Perjalanan
|
1.000.000
|
4.
|
Lain-lain: a.
administrasi
b. publikasi
c. seminar
d. laporan
|
100.000
100.000
100.000
100.000
|
|
Jumlah
|
12.000.000
|
4.2 Jadwal Kegiatan
KEGIATAN
|
WAKTU
|
1. Pemesanan tempat pemasaran
2. Pembuatan produk
3. Pemasaran produk
4. Sosialisasi produk
5. Pencarian mitra usaha
6. Penambahan produk baru
|
Minngu
pertama
Minngu
pertama
Minngu
kedua
Minngu
kedua
Minggu
kedua
Minggu
ketiga
|
BAB V
PENUTUP
Kewiarusahaan
Distro Undip ini bergerak dalam bidang usaha yang membutuhkan kreatifitas,
pengembangan, ketekunan, kejujuran, dan ketaqwaan. Yang paling ditonjolkan
ialah dibutuhkanya suatu kreatifitas dalam mendisain sehingga dihasilkan suatu
produk yang baru. Lokasi dan sosialisasai atau iklan terhadap suatu produk
penjualan perlu diterapkan dengan matang agar barang yang dipasarkan mampu
dijangkau oleh konsumen.
DAFTAR
PUSTAKA
Hisrich. 2001. Kewirausahaan
ed.7. gramedia : jakarta
Zaharudin, harmaizar.
2008. Menggali potensi kewirausahaan.
CV. Dian anugrah perkasa : bekasi
LAMPIRAN - LAMPIRAN
LAMPIRAN
1. JAKET ANGKATAN LAMPIRAN 2. KAOS
UNDIP
LAMPIRAN 3. SWITER UNDIP LAMPIRAN 4. KAOS DISTRO
LAMPIRAN
5. KAOS OLAHRAGA
LAMPIRAN
6. SOUVENIR UNDIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar