Jumat, 29 Mei 2015

bisnis plan

TUGAS MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN
KREATIF UNDIP DISTRO (KUD)

Disusun untuk melengkapi tugas
Mata kuliah kewirausahaan




images (2).jpg
 










   Oleh :
Nama                           : Achmad Kadri         
NIM                            : 23010114120040
Kelas                           : PETERNAKAN-A
program studi              : S1- Peternakan




FAKULTAS PETERNAKAN DAN PERTANIAN
UNIVERSITAS DIPONEGORO
2015
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL......................................................................................                   i
DAFTAR ISI.................................................................................................                  ii
ABSTRAK...................................................................................................                 iii
BAB I. Pendahuluan...................................................................................                 1
BAB II. Gamabaran Umum Rencana Usaha...............................................                 2
BAB III. Materi dan Metode Pelaksanaan....................................................                 3
BAB IV. Biaya dan Jadwal Kegiatan..............................................................                 4
BAB V. Penutup.........................................................................................                 5
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................                 6
Lampiran-lampiran.....................................................................................                 7











ABSTRAK
Kecintaan setiap mahasiswa UNDIP pada khususnya dan para calon mahasiswa yang ingin mendaftar di UNDIP setiap tahunya tidak pernah kekuranagn calon mahasiswa baru untuk menjadikan suatu identitas sebagai mahssiswa UNDIP maka salah satunya adalah memliki suatu almameter yang dipakai maka dari itu dibentuklah Kreatifitas Undip Distro yang merupakan kewirausahaan bergerak di bidang fashion (kaos,jaket, switer, dll), dan sovenir (gantungan kunci, tas, sepatu, plakat, stiker,dll). Kewirausahaan Distro Undip ini dibilang menjanjikan karena dalam setiap tahunya setiap angkatan di berbagai jurusan selalu membutuhkan suatu barang yang menjadikan identitas dari setiap fakultas, jurusan, angkatan maupun Universitas. Yang menjadi kendala ialah kurangnya dana untuk meakukan kewirausahaan ini, begitu juga diperlukan sosialisasi terhadap pemasaran produk dari Distro Undip ini. Sehingga diperlukan Tim dalam kewirausaahan ini agar memiliki mitra yang dapat dijadikan sebagai rekan usaha serta mitra dalam bertukar ide dan gagasan dalam meningkatkan kreatifitas dari produk Distro tersebut. Kewiarusahaan Distro Undip ini bergerak dalam bidang usaha yang membutuhkan kreatifitas, pengembangan, ketekunan, kejujuran, dan ketaqwaan. ada yang perlu diperhatiakan dalam pemasaran produk Kreatifitas Undip Distro yaitu masalah harga yang harus diperhatikan, karena harga harus menyesuaiakan dengan kantong para mahsiswa pada umumnya, sehingga keuntungan sedikit tetapi berjalan terus darpada keuntungan banyak tetapi tidak dapat bertahan lama dalam perananya. Dalam melaksanakan kewirauasahaan ini dilakukan suatu sosialisasi terhadap produk yang dipasarkan agar calon konsumen mengetahui produk yang ditawarkan, Ketika dalam pemasaran mengalami penurunan penjualan produk maka diperlukan suatu inovasi dalam produk, baik memperbiki kualitas dari produk maupun pemasaran harga yang harus di perbaiki. Sehingga dalam keeksistensi dari produk Kreatifitas Undip Distro selalu ada di tengah mahasiswa UNDIP. Preses persiapan melakukan kewirausahaan Kreatifitas Undip Distro diperlukan waktu satu bulan untuk mencari mitra dalam usaha setelah itu mulailah memaarkan produk dari Kreatifitas Undip Distro.








BAB I
PENDAHULUAN
Kecintaan setiap mahasiswa UNDIP pada khususnya dan para calon mahasiswa yang ingin mendaftar di UNDIP setiap tahunya tidak pernah kekuranagn calon mahasiswa baru. Seperti yang dikutip dalam pendaftaran melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, maupun UMPTN, Tidak kurang dari seribu mahasiswa baru masuk di UNDIP, seiring dengan penerimaan calon mahsiswa baru, UNDIP juga memberikan gelar kepada mahasiswa yang telah menempuh perkuliahanya. Namun antara masuknya mahsiswa baru dengan mahasiswa yang di wisuda lebih banyak yang masuk menjadi mahasiswa hal ini membuat kampus UNDIP semakin banyak di huni oleh mahasiswa, sehingga dengan banyaknya mahsiswa yang tinggal di sekitar kampus UNDIP memberikan peluang bisnis kewirausahaan. Salah satunya adalah Kreatifitas Undip Distro. Kreatifitas Undip Distro merupakan kewirausahaan yang bergerak di bidang fashion (kaos,jaket, switer, dll), dan sovenir (gantungan kunci, tas, sepatu, plakat, stiker,dll).
Kewirausahaan Distro Undip ini dibilang menjanjikan karena dalam setiap tahunya setiap angkatan di berbagai jurusan selalu membutuhkan suatu barang yang menjadikan identitas dari setiap fakultas, jurusan, angkatan maupun Universitas yang biasanya mereka selalu membuat jaket angkatan, jaket komunitas, jaket universitas, kaos olahraga, dll. begitu juga ketika selepas semester ganjil banyak dari mahasiswa undip membutukan plakat, gantunagn kunci, ataupun stiker yang dijadikan sebagai kenang-kenangan dari UNDIP.
Masalah yang saat ini menjadi kendala adalah kurangnya dana untuk meakukan kewirausahaan ini, begitu juga diperlukan sosialisasi terhadap pemasaran produk dari Distro Undip ini. Sehingga diperlukan tim dalam kewirausaahan ini agar memiliki mitra yang dapat dijadikan sebagai rekan usaha serta mitra dalam bertukar ide dan gagasan dalam meningkatkan kreatifitas dari produk distro tersebut.













BAB II
GAMABARAN UMUM RENCANA USAHA
            Kewiarusahaan Distro Undip ini bergerak dalam bidang usaha yang membutuhkan kreatifitas, pengembangan, ketekunan, kejujuran, dan ketaqwaan. Yang paling ditonjolkan ialah dibutuhkanya suatu kreatifitas dalam mendisain sutau produk sehingga calon konsumen dari produk Kreatifitas Undip Distro mampu menyesuaikan zaman dan selalu mengikuti trend yang sedang gencar di wilayah sekitar UNDIP. Setelah suatu kreatifitas telah dipenuhi maka diperlukanya suatu tempat ataupun lokasi yang dijadikan sebagai lokasi pemasaran dari produk Kreatifitas Undip Distro. Lokasi tersebut harus memliki potensi yang mudah dijangkau dari setiap mahsiswa serta dengan mudah dalam hal sosialisasi produk yang akan di pasarkan, sehingga dalam kegiatan kewirausaahan ini akan tetap berjalan secara eksis, dengan tindakan yang telah dijelaskan diatas ada yang perlu diperhatiakn dalam pemasaran produk Kreatifitas Undip Distro yaitu masalah harga yang harus diperhatikan, karena harga harus menyesuaiakan dengan kantong para mahsiswa pada umumnya, sehingga keuntungan sedikit tetapi berjalan terus darpada keuntungan banyak tetapi tidak dapat bertahan lama dalam perananya.




BAB III
METODE PELAKSANAAN
            Dalam melaksanakan kewirauasahaan ini dilakukan suatu sosialisasi terhadap produk yang dipasarkan agar calon konsumen mengetahui produk yang ditawarkan, setelah calon konsumen telah mengetahui dari produk Distro Undip mereka akan melakukan suatu transaksi. Dalam pemasaran produk Distro Undip harus melakukan permainan dagang yang dapat menjadikan para konsumen tertarik untuk menggunakan produk yang telah ditawakan.
            Ketika dalam pemasaran mengalami penurunan penjualan produk maka diperlukan suatu inovasi dalam produk, baik memperbiki kualitas dari produk maupun pemasaran harga yang harus di perbaiki. Sehingga dalam keeksistensi dari produk Kreatifitas Undip Distro selalu ada di tengah mahasiswa UNDIP.







BAB IV
BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN
4.1 Anggaran Biaya
NO
JENIS PENGELUARAN
BIAYA (Rp)
1.
Peralatan penunjang : a. Gantungan baju
                                       b. patung 2 buah
                                       c. alat tulis
                                       d. sewa tempat 1 tahun
                                       e. printer
                                       f. upah penjahit
                                       g. lemari kaca
500.000
500.000
100.000
5.000.000
500.000
1.000.000
1.000.000
2.
Bahan habis pakai
2.000.000
3.
Perjalanan
1.000.000
4.
Lain-lain: a. administrasi
                 b.  publikasi
                 c.  seminar
                 d.  laporan
100.000
100.000
100.000
100.000

Jumlah
12.000.000

4.2 Jadwal Kegiatan
KEGIATAN
WAKTU
1.      Pemesanan tempat pemasaran
2.      Pembuatan produk
3.      Pemasaran produk
4.      Sosialisasi produk
5.      Pencarian mitra usaha
6.      Penambahan produk baru

Minngu pertama
Minngu pertama
Minngu kedua
Minngu kedua
Minggu kedua
Minggu ketiga

BAB V
PENUTUP
Kewiarusahaan Distro Undip ini bergerak dalam bidang usaha yang membutuhkan kreatifitas, pengembangan, ketekunan, kejujuran, dan ketaqwaan. Yang paling ditonjolkan ialah dibutuhkanya suatu kreatifitas dalam mendisain sehingga dihasilkan suatu produk yang baru. Lokasi dan sosialisasai atau iklan terhadap suatu produk penjualan perlu diterapkan dengan matang agar barang yang dipasarkan mampu dijangkau oleh konsumen.











DAFTAR PUSTAKA
Hisrich. 2001. Kewirausahaan ed.7. gramedia : jakarta
Zaharudin, harmaizar. 2008. Menggali potensi kewirausahaan. CV. Dian anugrah perkasa : bekasi














LAMPIRAN - LAMPIRAN
LAMPIRAN 1. JAKET ANGKATAN      LAMPIRAN 2. KAOS UNDIP
jas-almamater-eksklusif.jpg Kaos Undip biru copy.jpg
 








5296862_20130419074800.jpg1657809_20130903064051.jpgLAMPIRAN 3. SWITER UNDIP              LAMPIRAN 4. KAOS DISTRO







LAMPIRAN 5. KAOS OLAHRAGA
design-kaos-futsal-0taoukby.jpg
 








kado boneka wisuda kabowi jual hadiah pria wanita graduation doll gift universitas sekolah institut CC.jpgLAMPIRAN 6. SOUVENIR UNDIP









Tidak ada komentar:

Posting Komentar